Jumat, 27 Juni 2014

The sotoy of me: typo

Di postingan kali ini aku akan menjelaskan apa itu typo. Sebenarnya fenomena ini udah dikenal lama jauh saat elvis masih jadi penyanyi dangdut koplo dulu. Tapi karena aku gak tau mau nulis apa. Sebenarnya mau nulis tentang pilpres tapi aku suka gak ngerti para gurita-gigi-kuda itu bicara apa. tapi jari ini kalo malam menjelang buka puasa gak senang kalo gak digoyang. Iya, nafsunya tinggi *eh

Kalian semua pasti pernah mengalami typo kan?

apa sih itu typo?
mengapa harus terjadi typo?
ada apa dengan typo?
apakah komodo adalah kerabat kodomo?
Berapakah jumlah komedo prabowo?

Typo adalah singkatan dari "Typographical Error" adalah istilah yang dapat kita gunakan untuk mendefinisikan "kesalahan penulisan" atau "salah ketik"

Simpelnya gini, Mengetik pada gerakan sadar melalui jalan panjang, yaitu dari reseptor, ke saraf sensori, dibawa ke otak untuk selanjutnya diolah oleh otak, kemudian hasil olahan oleh otak, berupa tanggapan, dibawa oleh saraf motor sebagai perintah yang harus dilaksanakan oleh efektor.

Typo diakibatkan hubungan saraf sensori dan efektor yang kurang harmonis. Yah, mungkin mereka sering beda pendapat atau… ah sudahlah.

Typo itu bukanlah masalah sepele pada tingkat tertentu. Typo bisa sangat fatal bisa jadi seperti ini:

"Sayang kamu tau gak? Kalo hubungan LDR Pertama di dunia?"
"Enggak, emang siapa?"
"Adam dan hawa, mereka dipisahkan dan di letakkan di belahan dunia yang berbeda, tapi mereka tetap setia dan gak kawin lagi sama jerapah atau zebra hingga akhirnya mereka kembali bersatu"
"Aku bangga sama kamu sayang, kamu memang taiii segalanya"
kemudian si cewe berubah menjadi komodo berkepala tiga dan mengolah si cowo menjadi zebra rendang.

sama kayak penulisan tanda jeda, penempatan tanda jeda itu penting dan tidak boleh dianggap remeh.

Contohnya:
"halo lina, kamu lagi ngapain?"
"Lagi main burung, om" jadi "lagi main burung om" kan gak lucu kalo tiba tiba si om tiba tiba langsung pipis sambil kayang. karena butuh proses menempah diri yang lama untuk melakukan itu.

Sekian dulu untuk postingan gak guna kali ini, pembaca yang baik memberi komentar yang baik, tetapi pembaca yang cerdas memberi saran dan kritik :* 

Posting Komentar